Sunday, January 22, 2012

MAU MASUK FAKULTAS KEDOKTERAN??? SIAPA TAKUUUUUT!

                Kelas 3 SMA adalah masa-masa paling menegangkan dalam hidup gue. Gimana enggak? You have to decide one of the most important decisions in your entire life. What you want to be and what you want to do with you future. Hell yeah it’s really frustrating for some people to decide but thanks god I finally made a right decision. Now I’m studying in Faculty of Medicine University of Airlangga (kalaugak tau ini ada di Surabaya ^^).  Sebenernya gak gampang lho buat gue waktu itu buat nentuin buat masuk Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Dari dulu sih emang udah pengen jadi dokter, dari SD malah kata bokap-nyokap, dan keinginan gue pun tetap melaju sekenceng angin topan (oke ini lebay) sampai ke SNMPTN buat ujian masuk Universitas. Lagi-lagi gak gampang. Udah punya tekad 1000% pun buat masuk FK bukan berarti jalan lo mulus buat masuk FK. Kali ini kegantung di masalah pilihan Universitasnya. Dari dulu pengen FKUI tapi semenjak ditolak SNMPTN Undangan bokap-nyokap jadi agak pesimis. Dari dulu pilihan gue emang Cuma FKUI sama FK Unair. Pada akhirnya di SNMPTN tulis pilihan gue jatuh kepada FK Unair dan FK Unand (Universitas Andalas di Padang). Yap, harus ngalah deh gue dengan seluruh pertimbangan yang sudah melibatkan banyak orang dan banyak hal (nanti gue jelasin lagi). Dan alhamdulillah akhirnya lolos FK Unair!!!!!!!!!!!!!!!! That’s my little journey sebelum masuk FK, sekarang gue mau ngasih saran buat kalian yang mau masuk FK (ataupun galau karena belum punya tujuan hidup). Let’s start it!
                Pertama buat komitmen sama diri lo sendiri kalaulo serius jadi mahasiswa FK. K-O-M-I-T-M-E-N. Jangan 90%, 95%, ataupun 99,99%. That should be 100%!!! Kenapa??? Walaupun baru jadi anak semester 1 (bentar lagi semester 2 sih), gue udah mulai ngerasain kerasnya kehidupan mahasiswa kedokteran. Belom lagi dengerin cerita senior-senior apalagi yang udah DM (Dokter Muda) yang udah mulai belajar jadi dokter beneran dan kerjaannya berkutat sama pasien di rumah sakit. Selain itu, udah ada banyak kejadian kalo banyak mahasiswa FK yang kemudian berhenti dan pindah haluan ke jurusan karena gak kuat ataupun gak kerasan menjadi mahasiswa kedokteran. Mental juga berperan penting di sini wahai teman-temanku. COMMITMENT is really important dude! Tanpa komitmen 100% bakalan susah banget jadi mahasiswa FK yang sukses. Masalah belajar terutama, karena nanti bakalan berkutat sama buku-buku yang tebelnya lebih tebel dari pan*at ade gue yang paling gendut (maaf porno) pokoknya tebel-tebel deh. Belom lagi ketemu bahasa latin yang udah kayak bahasa dari planet yang bahkan belom ditemuin yang susah banget dihapalin ataupun modul-modul yang bikin kepala mumet-pusing tujuh keliling. But calm down dude if you have a-100% commitment your life won’t be worse than I have told you.
                Selanjutnya masalah NIAT. Niat juga harus dibenerin guys! Bagi yang niatnya udah ada di jalan yang lurus jangan dibelok-belokin lagi niatnya jadi yang aneh-aneh. Banyak siswa yang mikir kalaujadi dokter itu bakalan buat mereka jadi kaya. Kenyataannya??? Kehidupan dokter itu keras men, lo gak bakal jadi kaya raya cuman dengan jadi dokter. Dokter-dokter yang kaya itu “biasanya” punya bisnis lain ataupun kaya gara-gara keturunan. Kalaupun jadi dokter doang gak akan buat lo kaya saudara-saudari. Jadi, jangan sampai tujuan lo jadi dokter cuma buat cari duit. Jangan juga jadi mahasiswa FK gara-gara paksaan orang tua. Ini sama sekali gak bener bro sis. Walaupun niatnya nyenengin orang tua. Menurut gue ini bakalan jadi tembok penghalang besar buat kalian selama ngejalanin kehidupan mahasiswa FK. Apalagi kalauudah down gak ada motivasi yang cukup kuat buat bikin lo bangkit lagi dalam ngadepin problematika mahasiswa FK. Kesimpulannya kalaujadi mahasiswa FK itu harus tulus dari hati yang paling dalam, emang murni keinginan sendiri, bukan paksaan. Dan niatnya tulus mau ngebantu orang-orang. Seharusnya sih begitu wahai teman-teman, walaupun sekarang kenyataanya banyak dokter-dokter yang niat dan orientasinya menyimpang dan terjebak dalam mencari kekayaan. Kalaumau jadi dokter yang bermanfaat, jangan begitu yah! ^^v
                Sekarang masalah USAHA. Ini salah satu hal yang paling esensial dalam menjadi mahasiswa FK. Di luar sana banyak calon-calon mahasiswa FK yang otaknya encer-encer dan jenius-jenius. Hal ini berkaitan dengan keketatan prodi-prodi Pendidikan Dokter di seluruh Universitas Negeri di seluruh Indonesia (yang katanya bahkan lebih ketat dari skinny jeans) di mana peminatnya super duper banyak. Bayangkan saja ternyata FK Unair tahun 2011 diminati oleh 3448 sedangkan bangku yang diperebutkan lewat SNMPTN tertulis Cuma 150 kursi. Jadi di antara sekitar 25 orang yang mengikuti tes hanya ada satu orang yang berhasil lolos diterima. Bukan hanya FK Unair, FK UI, FK UGM, FK Unpad, FK USU peminatnya juga melebihi angka 3000an calon pendaftar. Bahkan FK Unpad berhasil menembus calon pendaftar terbanyak dengan pendaftar sebanyak 4224 orang! Gila gak tuh. Kalauyang mau masuk FK gak belajar kayak kerja rodi mungkin angan-angan masuk FK akan pupus sia-sia kecuali lo orang yang sangat jenius yang bisa ngerjain semua soal SNMPTN dengan benar. But isn’t impossible? Kali ini pepatah “Nothing is Impossible” gak berlaku menurut gue. Kesimpulannya, cara yang tepat dan logis itu ya cuma belajar. Kalaulo mau masuk FK gak mungkin belajar kayak temen-temen lo mau masuk teknik ataupun yang lain-lainnya kan? You have to exceed your efforts more than 100% kalaubisa! Apalagi buat kalian yang bimbel. Jangan pernah males-males ke bimbel, udah bayar 5 jt, 8 jt, atau mungkin belasan juta “wajib” kalian manfaatkan semaksimal mungkin. Orang pinter kalah lho sama orang rajin, jadi bagi kalian yang merasa gak pinter, wajib hukumnya lah menjadi anak rajin biar angan-angan menjadi mahasiswa FK pun akan menjadi kenyataan.
                Next on masalah pilihan UNIVERSITAS. Mungkin gak semua orang bingung buat nentuin pilihan Universitasnya terutama mereka yang orang tuanya termasuk tajir jadi kalaupun harus masuk Universitas swasta pun bukan masalah karena orang tua mereka sanggup membayar biayanya yang sangat mahal. Namun, buat mereka yang gak punya banyak uang gimana? Universitas Negeri adalah satu-satunya jalan. That’s the thing I’ve been through. I don’t come from a rich family. Selain itu gue juga anak pertama dari 4 bersaudara. Prinsip anak sulung yang bertanggung jawab kepada orang tua buat menjaga adik-adiknya tetep gue pegang teguh waktu nentuin pilihan. Sebenernya pilihan SNMPTN tulis gue maunya FK UI sama FK Unair. But My choice was FK Unair instead of FK UI for SNMPTN test. Temen-temen gue emang kaget orang se-keras kepala dan kepala batu kayak gue akhirnya berpindah dari FK UI yang udah jadi cita-cita gue dari SMP. Yeah, it was not easy at all. It was hard dude. But that doesn’t mean I gave up. Lagi-lagi karena banyak pertimbangan, salah satunya ini : Kamu mau FK nak? FK itu gak harus di UI lho, masih banyak juga yang bagus (My dad, my mom, my teachers). Yeah that was exactly right! Maybe at that time I still couldn’t accept it wholeheartedly, but now I know it better. Usaha lo untuk bertahan yang paling penting, walaupun kualitas almamater lo pastinya memegang peranan yang besar juga tapi gak sebesar peranan dan usaha lo dalam meraih cita-cita lo sendiri. Inilah salah satu dasar gue menjatuhkan pilihan di FK Unair. Pertimbangan lain gue milih FK Unair karena persaingan FK UI emang gak dipungkiri super duper ketat karena diakui merupakan Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia saat ini, jadi so pasti banyak anak jenius yang pastinya jauh lebih pinter dari gue yang kemungkinan diterimanya lebih besar. Buat hal ini, gue cuma pengen ngasih tau kalaugue bukan pengecut, hey I’m not a coward even though some people may think so. I just think that it’s just the best for me.Pertimbangannya juga kalaugue gak diterima di FK UI dan FK Unair mungkin peluang gue buat masuk FK harus tertunda selama setahun and I don’t wanna let that happen so I chose FK Unand as my alternative.  Buat kalian yang mungkin akan ngelakuin hal yang sama jangan pernah ngerasa rendah diri. You’re giving up your dream but you just make it still alive, karena sekali lagi pengennya jadi dokter kan????
                Lanjut ke salah satu masalah hot buat calon mahasiswa FK, BIAYA KULIAH. Bukan merupakan hal umum kalau Fakultas Kedokteran hanya buat orang yang berduit saja. Banyak calon mahasiswa FK yang sudah ngebet dan pengen masuk FK tapi nyalinya tiba-tiba ciut gara-gara mendengar kalau biaya kuliah di FK menghabiskan uang ratusan juta.  It’s not 100% true bro-sis! Emang buat beberapa jalur masuk Fakultas Kedokteran di Indonesia menuntut calon mahasiswa membayar ratusan juta agar diterima di Fakultas Kedokteran terutama di Universitas swasta dan sebagian kecil Universitas Negeri. Tapi eitsssss tenang dulu gan, masih banyak FK yang murah kok! Salah satunya FK Unair melalui jalur SNMPTN. Lewat jalur ini pembayaran uang kuliah didasarkan kepada kemampuan masing-masing orang tua. Ada yang 100% gratis ada yang hanya membayar uang semester dan ada juga yang membayar uang pangkal sebesar 15 ataupun 50 juta beserta uang semester. Uang semester yang dituntut hanya sejumlah Rp1.250.000 per semester yang berarti setiap bulan hanya dituntut untuk membayar sekitar dua ratus ribu rupiah. Angka ini sangat mencengangkan tentunya karena bahkan biaya SMA lebih mahal karena tiap bulannya orang tua harus membayar sekitar 300ribu bahkan lebih. Selain itu FK UI pun juga biaya kuliahnya termasuk “terjangkau.” Dengan uang pangkal sebesar 25 juta rupiah dan uang semester 7,5 jt kita sudah bisa mengikuti bangku perkuliahan. Uang semester ini pun dapat dikurangi sesuai dengan kemampuan orang tua masing-masing. Ada juga FK USU (Universitas Sumatera Utara) yang bahkan lebih murah lagi dengan uang pangkal 4,5 juta dan uang semester cuma 1 juta!!!!!! Okey ini bahkan lebih murah dari bayaran SPP adik-adik gue yang masih SD. Dari semua kemudahan dari segi finansial pasti ada kesulitannya. Ayo apa coba tebak???? Tentunya, masuk menjadi salah satu mahasiswa FK di salah satu Universitas Negeri tersebut merupakan hal yang sulit. Ingat kita harus berkompetisi dengan ribuan orang untuk bisa diterima di Fakultas Kedokteran favorit tersebut. Jadi, biaya dan masalah finansial bukan satu rintangan lagi buat kita untuk menjadi calon-calon dokter yang bermanfaat di masa depan. In the end, don’t let economic problem stop your dreams ya mas bro mbak sis ^^
                Yang terakhir yang super duper mega amat penting adalah DOA. No one will ever get your dreams if you don’t even ask it right???? Usaha doang gak bakal berhasil tanpa doa dan begitu juga kalo kita berdoa doang. We have to do both. Terlebih lagi doa dari orang tua. Doa dari orang tua penting banget demi kelancaran usaha kita agar dimudahkan jalannya sebelom jadi mahasiswa FK ataupun saat menjadi mahasiswa FK sampai jadi dokter. Restu orang tua itu penting loh teman-teman. Jalanmu akan semulus wajah saya kalo kamu mendapat restu orang tua *eh ^^v  Doa dari keluarga juga penting, terlebih lagi teman-teman seperjuangan. Kita bisa saling mendoakan kesuksesan teman-teman kita yang sedang sama-sama berjuang mendapatkan universitas dan jurusan yang diimpikan.  DOA + USAHA = SUKSES merupakan salah satu formula kehidupan yang gak akan mungkin pernah salah. Kalaupun kita udah berdoa dan berusaha tapi belom dapet hasil yang maksimal, percaya deh yang di atas punya rencana yang lebih indah buat kita, for sure.
                At the end, gimana nih niatnya masuk Fakultas Kedokteran wahai teman-teman sekalian???? Semakin mantap kah? Atau malah galau bagaikan kapal yang terombang-ambing bagaikan diterjang badai???? It all depends on you pals. Your future is in your hand. Your future is an empty bag waiting for you to fill it with good things. So, what are you waiting for dude???? Decide it, Do it, Reach it!!!! Siap jadi teman sejawatku????? I’m waitiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing, GOOD LUCK FOR YOU ALL MY FRIENDS ^^v


72 comments:

  1. selamat ya, kamu udah masuk du FK unair, impian kamu dan aku juga sama namun yang beda aku masih belum masuk di FK unair.

    ReplyDelete
  2. Makasihh bgt yaa infonyyyaaa >_<

    ReplyDelete
  3. makasih banget atas info"nyaaaaaaaaaa =
    )

    ReplyDelete
  4. syarat masuk FK unair apa aja ka?

    ReplyDelete
  5. i am coming..
    insya allah tahun 2013

    ReplyDelete
  6. numbuhin keyakinan gimana sih caranya? Supaya nggak gampang terpengaruh sama yang namanya keraguan atau rasa takut dan tidak percaya diri.

    ReplyDelete
  7. fauzan.... kamu dulu les di LBB kah? LBB mana? gimana cara belajar kamu selama persiapan itu?

    ReplyDelete
  8. thanks ya atas sharingan nya :)

    ReplyDelete
  9. We have a same story, but in a different form :D Btw, kakak ada denger kabar ttg penerimaan mahasiswa baru FK Unair 2013 gak ?

    ReplyDelete
  10. Thanks a lot for your information... i hope i can be your junior

    ReplyDelete
  11. thats all absolutely usefull inf.
    tapi kayaknya tuh cuma buat orang-orang super tajir deh gan. gw si emang pingin banget ke situ..
    tapi yahh masalah ekonominya nih yang bikin guah minder,

    ReplyDelete
  12. termotivasi banget nih, thanks ya kakak,
    bagi-bagi cara belajarnya kakak donk ^,^

    ReplyDelete
  13. Awalnyanyari2 di google masalah biaya kuliah kedokteran USU tapi ujungnya malah nemu&baca artikel ini. Info yang bener2 bermanfaat (y)

    ReplyDelete
  14. syukron katsir ats infox.........
    moq q bs nyusul k sn........
    Amiiiiiin.,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  15. kak pngen nanya nih U.U
    kira" materi yg prlu d plajarin buat snmptn tulisnya tuh sampe materi kuliah ga? atau materi SMA tp yg spesifik bgt?
    pngen bgt masuk unair :'(

    ReplyDelete
  16. Mksh infox k',,
    That's my dream,,
    Insyaallah, amiiin,

    ReplyDelete
  17. wait me, I will be your junior in FK UNAIR.... AMIN

    ReplyDelete
  18. boleh diceritain nggak perjuangan belajarnya gmana??
    :)

    ReplyDelete
  19. bagi-bagi cara belajarnya dong kaaaa. pengen banget banget masuk fk unair juga :'

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah ada informasi ini. Terima kasih infonya. FK Bismilah :)

    ReplyDelete
  21. hmm.... q minat banget tu d FK unair,, tapi msih ada problem... ap lagi klw bukan money walao pun pnya beasiswa si,, tpi q khan usaha smpek titik darah terakhir... q butuh bnget info lbih lnjut.... :) thanks.. good job.. bertahan adalah bagian dari kmenangan...

    ReplyDelete
  22. termotivasii bngt,,,,,,,,,,,,,,,niatku makin MANTAP...

    ReplyDelete
  23. tambah yakin nih ka buat masuk kedokteran,saya sangat sangat berterimakasi banget sama kaka karena kaka tela memberikan motivasi dan menambahkan semangat saya,thank you so much ka

    ReplyDelete
  24. Selamat kak :D
    InsyaAllah tahun depan setelah lulus UN 100% aku akan ikut tes FKUI. Ini mimpi aku dri dulu. Doain yaa O:)

    ReplyDelete
  25. Wait me to be your junior ya kak.. 2014 aku (insyaAllah) kuliah disana.. Dari dulu emang pengin di fk unair yang fakultas kedokterannya paling bagus ♥♥♥

    ReplyDelete
  26. BISSMILLAH UNAIR FK

    ReplyDelete
  27. sumpah,,, gue pingin banget jadi dokter/////

    ReplyDelete
  28. kalau masih stgah 2 gmna ? kalau gak pinter bahasa inggris gmna ? ap langkah2 sblum msuk FK..... kak ????

    ReplyDelete
  29. Info kedokteran swsta terlengkap hubungi 085789924271

    ReplyDelete
  30. Makasih buat motivasinya, kk. Selamat juga dapat menggapai impiannya, dan disini..saya akan tetap berusaha..try..try again..until succed, Amin YRA :D
    #Fighting for me

    ReplyDelete
  31. Makasih banyaak >.<
    Bismillah maba FKUA 2015, Aamiin

    ReplyDelete
  32. Bismillah kedokteran aminnn🙏

    ReplyDelete
  33. Bismillah..
    setelah membaca artikel ini, saya makin mantapp masuk FK. thank's banuaaangeyt ya guys!!!!
    salam sukses.
    doain saya ya! ;-)

    ReplyDelete
  34. Insya Allah tahun 2017 saya diterima di FK UNAIR, Terimakasih mas telah memacu semangat saya. Mulai hari ini komitmenku untuk jadi dokter sudah 100,1%

    ReplyDelete
  35. subhanallah, aku makin terbuka lebar jalan fikirannya, insyaallah FK UNAND amin :)

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. setuju niat + do'a + usaha = sukses ( mengejar cita-cita dan impian ) :) :D
    fk unair semangat .... bismillah :)

    ReplyDelete
  38. I was commented about your article at 6 nov 2012.
    And guess what ?! I'm your junior !
    It was surprised to read my own comment :)
    As I thought, Fauzan is awesome~

    ReplyDelete
  39. Sebenarnya keinginan disitu, tapi banyak kali rintangan mulai dari pendaftarannya juga.

    ReplyDelete
  40. Bismillah..
    semoga aku bisa mengikuti jejak kakak..
    sangat termotivasi kak..
    pokoknya kedokteran unair harus bisa ku raih...
    aamiin...
    jossssss banget kak.....
    semoga selalu sukses ya....

    ReplyDelete
  41. Bismillah..
    semoga aku bisa mengikuti jejak kakak..
    sangat termotivasi kak..
    pokoknya kedokteran unair harus bisa ku raih...
    aamiin...
    jossssss banget kak.....
    semoga selalu sukses ya....

    ReplyDelete
  42. kebimbangan yg kakak critain, sebelas dua belas lah sama aku. sejujurnya orang tua yg menyuruhku ke FK Unair, hati sendiri pun masih berusaha untuk bener2 bisa nerima dan berjuang demi apa yg mereka inginkan. aku sekarang masih duduk di bangku kelas 10 tapi aku bener2 mikir kedepannya gimana. aku juga anak sulung dan aku jg anak yg biasa2 saja dalam ekonomi.
    makasih kak, blog kakak sgt bermanfaat.

    ReplyDelete
  43. Kak boleg kasih saran les yg tepat buat menghadapi tes kedokteran ?

    ReplyDelete
  44. Kak boleg kasih saran les yg tepat buat menghadapi tes kedokteran ?

    ReplyDelete
  45. Thanks ya atas infonya aq juga pengen masuk fk. Pengen banget pengenya setengah mati dech sampai gue rela lakuin apapun buat bisa masuk fk dan jadi dokter supaya bisa bantu banyak orang, meman itu tujuan qw menjadi dokter semoga tercapai dan allah me ridloi amien......

    ReplyDelete
  46. Terima kasih sangat menginspirasi saya yang ingin memasuki kuliah
    Jurusan Kuliah

    ReplyDelete
  47. Kedokteran jalur mandiri

    95% diterima

    085694333722

    ReplyDelete
  48. Doakan saya ya Kak :) FK UNAIR 2016 amin.

    Oh iya, makasih Kak sarannya! Sukses jadi dokter!!!

    ReplyDelete
  49. Benar2 menginspirasi kak... >.< sy jg cita2x mau masuk di UNAIR. Tp, FKG :g smga keterima. Aamiin... O:)

    ReplyDelete
  50. keren ka, kakak pake buku apa bisa lulus snmptn ?

    ReplyDelete
  51. bagi mahasiswa kedokteran yg ingin mempublikasikan artikel2 kedokteran/kesehatan bisa di tampilkan di http://doktersiaga.com/blog

    ReplyDelete
  52. Hi Kak! Bulan Maret kemarin aku baca artikel ini dan berdoa supaya bisa masuk FK Unair. And guess what? Puji Tuhan aku diterima FK Unair 2016! Your junior Kak :) makasih ya Kak tips dan nasihatnya! Sangat membantu!

    ReplyDelete
  53. saya mau tanya apakah,
    bagai mana caranya dari jurusan analis kesehatan bisa masuk FK unair..?
    dan kapan pendaftarannya dimulai..?

    ReplyDelete
  54. Saya sangat termotivasi membaca blognya...

    Tahun ini sya sdh menjadi mahasiswi FK swasta dikota asal sya berada yaitu Makassar,tapi saya sangat berambisi ingin masuk diFK negeri dan insha allah saya akan mencobanya tahun 2017 yg akan dtg sbntr lagi ini diUNAIR semoga atas ridha allah bisa lulus sesuai dengan keinginan yg ingin skali masuk diuniversitas negeri .

    ReplyDelete
  55. Semoga saya bisa keterima di FK unair seperti kakak aamiinn 😇😇

    ReplyDelete
  56. thanks kak, aku terinspirasi banget dan tambah semangat untuk ngejar impian aku jadi Dokter. inshaallah aku siap !

    ReplyDelete
  57. Terimakasih kak atas infonya. Sangat membantu dan menambah semangat saya buat masuk FKG UNAIR. Doain yaa kak smoga aku jga bsa jadi dokter. Aamiin :)
    #sukses juga buat semuanya, semoga cita2 kita tercapai. Aamiin..

    ReplyDelete
  58. Kk gimana kalau nilainya turun naik ? Apa kelas 3 membantu?

    ReplyDelete
  59. Aku juga mau di fk unair. Bantu doa kak🙏

    ReplyDelete
  60. dear all,

    ada yang mau soal TPA & psikotes FK Gel. I untuk persiapan tes gel. berikutnya.
    whatsapp ke no. 083875271371 dengan kata kunci
    Nama spasi FK2018

    terimakasih

    ReplyDelete
  61. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 1.500.000
    • SMA = Rp. 2.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete
  62. terimakasih kak atas infonya makin mantep buat masuk FK unair. bismillah I'll be your junior.....amiinnn:)

    ReplyDelete
  63. Wait for me, i'll be your junior in Faculty of Medicine in University of Airlangga. It's my biggest dream. And InsyaAllah, it's still alive.

    ReplyDelete
  64. tgl 8 April 2020 bismillah maba fk unair lolos snmptn.. Aamiin Ya Allah ~Yahya

    ReplyDelete